catatan perkembangan putra mahkota kerajaan Asa

Minggu, 12 Februari 2012

Terapi neuro senso motor reflex

Udah lamaaaaaa banget ga update blog Safin ini..maaf bgt buat pembaca, bukan karena ga ada yg bisa diupdate, tapi karena Bunda lg sibuk jadi ga sempat bikin catatan lg untuk Safin..

Oke..beberapa bulan ini banyak kejadian penting, tp yang paling merubah kehidupan adalah keputusan untuk memindahkan terapi Safin ke Pediatric And Neurodevelopmental Therapy Center (PNTC) di Solo. Ada blog untuk tempat terapi tersebut namun ga update yaitu di: http://pntc.blogspot.com/

Kenapa akhirnya Bunda memutuskan terapi Safin disana? Pertimbangannya gini:

  1. Pada bulan Desember 2011, bunda ikut seminar "Hubungan Motorik dengan Perkembangan Bahasa Bicara Pada Anak" yang diselenggarakan oleh Yayasan Bina Wicara Vacana Mandira. Narasumber dalam seminar tersebut adalah Ibu Nawangsasi Takarini, NDT, M. Physio, RPT. Selama mengikuti seminar tersebut, bunda mendapatkan banyaaaaak sekali ilmu mengenai Anak Berkebutuhan Khusus. Dalam sesi tanya jawab, bunda sempat tanya tentang Speech delay (keterlambatan bicara), karena selama ini, Safin periksa ke dokter tumbuh kembang, diagnosanya adalah speech delay. Pertanyaan bunda adalah, bagaimana caranya agar kosa kata Safin tambah banyak, bagaimana cara membuka blok-blok yang menghambat penerusan rangsangan ke neuro otak? (entah benar g pertanyaannya, agak lupa..). Jawaban Bu Nawang adalah: Safin perlu diberikan terapi sensoris ( stimulasi sensoris pada receptor taktil ), selanjutnya baru diterapi wicara. Tapi untuk lebih detilnya, bu Nawang harus ketemu Safin secara langsung untuk melihat gangguan yg ada. Bu Nawang sendiri memiliki tempat terapi di PNTC yang ada di Solo. Oke, bunda jadi tertarik untuk membawa Safin ke Solo.
  2. Selama 5 (lima) bulan Safin terapi Sensori Integrasi dan Terapi Wicara 2x seminggu di rumah sakit A, dan ditambah Terapi Wicara aja di klinik B, telah ada perkembangan dalam diri Safin. Bahkan menurut dokter tersebut, Safin tidak dianjurkan lagi untuk terapi Sensori Integrasi karena fokusnya sudah bagus dan ada tatap mata. Namun, perkembangan wicaranya menurut bunda masih kurang (walau kata dokter sudah bagus). Safin sering tidak konsisten dalam penggunaan kata2nya. Misalnya dipanggil, Safin kadang menoleh kadang enggak, kadang menyahut "iya" kadang enggak. Ditunjukin gambar buah2an dan benda2 lain, kadang safin bisa menyebut bendanya, tapi besoknya lagi ditanyain gak mau lagi. Menghitung sudah bisa, cuma kadang2 lompat2 angkanya, dari tiga langsung lima, dsb. Selanjutnya begituuuu aja. Teman2 seusianya (2 tahun) sudah mulai bisa membentuk kalimat. Bunda makin panik, jadilah niat semakin bulat untuk ke PNTC.


Oke, jadi... pada tanggal 23 Januari 2012, Safin kami bawa ke PNTC di Solo dan diassesment langsung oleh Bu Nawang. Berdasarkan hasil assesment tersebut, Safin ternyata mengalami gangguan disinkroni sensori dan emosi.
Menurut pemahaman bunda sebagai orang awam ni.. Sensori-sensori (penerima rangsangan) safin itu kurang saling berkoordinasi sehingga menghambat perkembangan kognitifnya salah satunya adalah perkembangan bicara. Selain itu juga Safin sering marah2 sampai tantrum, itu kemungkinan karena berlebihan sensori yang diterimanya (ekstrim). Jadi Safin perlu ditata sensorinya dengan terapi Terapi neuro senso motor reflex dan blocking untuk  menstabilkan emosinya. Selama 1 bulan, safin dijadwalkan sehari 2x terapi untuk menata sensorinya dulu. Selanjutnya akan dievaluasi ulang oleh Ibu Nawang untuk melihat progressnya dan menentukan program selanjutnya. Perkiraan awal, Safin membutuhkan waktu 6 bulan terapi. (pada titik ini Bunda sedih sekali karena harus 6 bulan pisah rumah sama Safin, walau pas weekend tetep ketemu si)
Karena sehari 2x terapi, jadi Safin dan pengasuhnya bunda kost-in di deket lokasi terapinya. Mbah dan sodara2 jg bergantian nungguin Safin siih,,

Menurut penjelasan yang ada di facebook bu Nawang (Beliau sering menjawab pertenyaan/konsultasi dari para terapis dan ortu anak ABK di facebook.. bagi moms yang mau liat.. search aja di facebook Nawangsasi Takarini:
Terapi neuro senso motor reflex merupakan suatu metode untuk intervensi atau terapi untuk anak2 yang mengalami gangguan perkembangan dan pertumbuhan neurologisnya. Jadi pada anak2 yg mengalami gangguan tersebut diberikan stimulasi sensoris pada receptor taktil (seluruh permukaan tubuh) sebagai pintu utama semua rangsangan / situmulus yang masuk.

Seminggu awal, bunda kan nungguin terapi Safin, itu bunda liat terapinya Safin dielus2 n dipijit.. Safinnya keenakan.. sempet ketiduran malah.. tapi begitu dipijit kepalanya, Safin langsung nangis. Kata terapisnya sih, itu karena Safin sensitif jika disentuh areal kepalanya.

Setelah 3 (tiga) minggu terapi, Perkembangan yang bunda liat, Safin jd lebih responsif. Dipanggil selalu noleh, dan mulai menirukan apa2 yg kita ucapkan dan lakukan. Semoga kedepannya, perkembangannya lebih banyak lagi, dan ga sampai 6 bulan terapi dah lancar bicara.. aamiin..

16 komentar:

  1. jadi stimulasinya lewat sentuhan ya?!
    mungkin emang saraf-sarafnya jadi terstimulasi, tapi dari segi emosi juga bagus, mungkin kalo orang tua langsung yang mijit bisa menimbulkan kedekatan emosional dengan anaknya,,
    gitu kali ya?!?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali jeng.. lewat terapi sentuhan ke saraf2 taktil dibawah kulit di seluruh tubuhnya.. dr yg aq liat sih safin seneng2 aja dielus2 (dengan teknik tertentu ngelusnya) ampe bobo'.. dan dia jg jd deket ama terapisnya tuh.. ngajakin ngobrol.. walau blm jelas obroalannya apa.. hahaha... aq sendiri pengen ngapalin gerakannya tp susah.. :D.. jd elus2 biasa aja..

      Hapus
  2. mba, mohon tanya berapa biaya terapi di sana ya?

    BalasHapus
  3. yang dimana? di PNTC Solo? biayanya 60rb per sesi terapi..kalau Safin, jadwalnya 2 sesi sehari..pagi dan siang..jd 120 rb..

    BalasHapus
  4. http://gifted-disinkroni.blogspot.com/2008/09/terlambat-bicara-dianjurkan-sensory.html

    BalasHapus
  5. mba, bisa minta info-nya bagaimana menghubungi PNTC Solo ? saya sudah coba nomor kontak yang tertera di blog-nya cuman dijawab mesin :-D

    makasih mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ada emailnya? Nanti saya kirim nmr hp bu nawang...atau..untuk keterangan lebih lanjut email saya aja di ichdamaulia@gmail.com

      Hapus
  6. Ijin share ya mbak... thanks ana

    BalasHapus
  7. Thank untuk sharingnya mbak. Banyak yg memerlukan info ini. Generasi penerus bu Nawang sudah banyak. Bagi yang berlokasi di Surabaya dan Bali bisa menghubungi FHC cabang Surabaya dan Bali. Info bisa email : lovechildrenworld@gmail.com

    BalasHapus
  8. thanks untuk sharingnya bun. oia, gmn prkembangan ananda safin stlh terapi bun? saat ini saya jg sdg mengalami hal yg serupa, adakah cabang yg ada di Depok dan sekitarnya?

    BalasHapus
  9. Tuk therapy neuro senso ini apa sdh ada cabang dJkt ????

    BalasHapus
  10. Boleh minta kontaknya bu nawang?? Trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelumnya, bu nawang sudah tdk ada (meminggal)

      Hapus
  11. Coba ke sini:

    Griya Fisio Bunda Novy

    Jl. Kadisoka, Banjeng, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
    0851-0055-6622 https://g.co/kgs/GnwJGD

    Bu Novy, sbg fisioterapis dan pemiliknya juga belajar neuro senso di tempat alm. Bu Nawangsasi Takarini (PNTC) , yg kebetulan mrk berdua juga bertemanan.

    BalasHapus
  12. Ini alamat google.maps nya

    https://g.co/kgs/GnwJGD

    BalasHapus