catatan perkembangan putra mahkota kerajaan Asa

Selasa, 05 Juli 2011

Safin 21 bulan

Safin tepat 21 bulan semakin cakep dan keren deh..apalagi klo didandanin korean style..

Gimana? Mirip Lee Min Ho ga? hehehe..


Setiap sore safin jalan2 di sekitar rumah untuk bersosialisasi dengan teman2 batita nya..
Nah..pas bersosialisasi itulah..bunda memantau perkembangan safin dibandingkan dengan teman-teman sebaya nya. Ternyata teman safin batita cewek berumur 22 bulan (beda sebulan doank sama safin) sudah bisa ditanya-tanyain. Misalnya, ditanya ayah mana? dia bisa jawab : tidul (tidur-red)..
Sedangkan Safin dipanggil aja gak mau noleh.. baru bisa "dadah..", "ao" (halo) sambil megang telepon, dan "oeee" (hore) sambil tepuk tangan, kadang-kadang bisa sih manggil bunda dengan "nda", mb ambar dengan "mbamba", dan ayah dengan "aaahhhh"..tapi itu kadang2 aja.. 
Karena kawatir, bunda nanya2 mbah google, n obrak-abrik website, milis, n blog ibu2 lain.. ternyata banyak yang kayak Safin.. paling kaget waktu baca artikel ciri2 anak autis.. salah satu ciri2nya adalah suka main benda yg berputar, seperti roda, kipas angin, n air mengalir..
Hwaaa..kawatir semakin menjadi2..  walau sebenarnya ciri2 yang lain belum ada di Safin.. secara Safin itu ekspresif, masih ada kontak mata, dan bisa diajak main ci luk ba..kalau main ci luk ba.. seneng banget dia.. ketawa lebar banget..
Daripada nebak2..akhirnya Bunda dan ayah bawa Safin ke Poli Tumbuh Kembang di RSCM.. dari situ dokter yang memeriksa Safin adalah dr. Dwi. Oleh dokter, safin di minta tes BERA (Brainstem evoked response audiometry). Tes ini untuk mengetahui apakah telinga/pendengaran Safin normal apa ga..
Dalam tes BERA itu, batita diharuskan dalam kondisi tidur, dan dipasangi alat macem2 kayak gini :


Alhamdulilah.. berdasarkan hasil tes tersebut, pendengaran Safin dinyatakan normal..
Oke, jadi masalah keterlambatan berbicara Safin bukan ada pada telinga, jadi masih bisa disembuhkan dengan terapi..Alhamdulillah lagi..
Selanjutnya dokter Dwi memberikan rujukan Safin ke Unit Rehabilitasi Medik (URM) RSCM untuk observasi dan terapi..berhubung pendaftaran di URM tutup jam 12, jadi baru bisa ksana pada hari berikutnya..


postingan tentang URM di selnjutnya juga aja yah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar